Abstraction
Merupakan prinsip
penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan
kelas sesuai dengan masalahnya
Algoritma
Urutan langkah-langkah
logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis
Array
Struktur data yang
menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama
Atribut
Karakteristik atau ciri
yang membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya
Authentication
Proses memeriksa
keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya
pada DBMS)
Basic Input/Output
System (BIOS)
Kode-kode program yang
pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan
(booting)
Basis data
(database)
Kumpulan dari data yang
saling berhubungan satu dengan yang lainnya,
tersimpan dalam
perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak
untuk memanipulasinya
Command Line Interface
(CLI)
Antar muka pengguna
dengan model perintah-perintah teks
Compiler
Penerjemah bahasa
pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara sekaligus seluruh
kode program. Prosesnya disebut kompilasi.
Component Object Model
(COM)
Infrastruktur yang
disediakan oleh Visual Basic untuk mengakses obyek-obyek atau
kontrol-kontrol lain sepanjang punya antar muka yang dapat diakses
oleh Visual Basic.
Constraint
Batasan-batasan dari
masalah
Control
Aktivitas monitoring
dan evaluasi terhadap feedback untuk menentukan apakah system telah
bekerja dengan baik atau tidak
Counter
Variable pencacah yang
digunakan dalam struktur algoritma pengulangan
Database Management
System (DBMS)
Perangkat Lunak yang
khusus / spesifik ditujukan untuk pengelolaan basis data
Disk Operating System
(DOS)
Salah satu sistem
operasi lama berbasis CLI
Elektronika
Ilmu yang mempelajari
alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran
elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat
Entitas
Individu yang mewakili
sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang
lain
Extensible Hypertext
Markup Language (XHTML)
HTML versi terakhir
(4.01) yang ditulis ulang dengan aturan-aturan yang
lebih ketat mengacu
pada XML
Extensible Markup
Language (XML)
Sekumpulan aturan untuk
menyusun bahasa markup
Feedback
Data tentang kinerja
sistem
Flowchart
Skema/bagan (chart)
yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika
Gejala
Signal atau tanda
terjadinya suatu masalah
Gerbang logika
blok-blok penyusun dari
perangkat keras elektronik
Graphical User
Interface (GUI)
Antar muka pengguna
dengan model grafis
Identifier
Nama dari suatu
variable atau konstanta
Ilmu komputer
Suatu studi sistematis
pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransfor-masikan
informasi
Inheritance atau
pewarisan
Prinsip pewarisan sifat
dari orang tua ke anak atau turunannya yang diterapkan pada kelas
Inisialisasi
Instruksi yang
dilakukan pertama kali pada suatu variabel atau ekpresi pemrograman
Input
Elemen-elemen yang
masuk ke dalam system
Integrated Developement
Environment (IDE)
Lingkungan pengembangan
aplikasi terintegrasi. Perangkat lunak untuk membantu mempermudah
pembuatan aplikasi komputer
Interpreter
Penerjemah bahasa
pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara satu per satu baris
dibaca dan langsung diterjemahkan
Kardinalitas
Jumlah maksimum entitas
pada suatu himpunan entitas yang dapat berelasi
dengan entitas pada
himpunan entitas yang lain
Konstanta
Variabel yang nilai
datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah.
Loop
Proses pengulangan
suatu perintah
Masalah
(problem)
Perbedaan antara
situasi aktual dan situasi yang diharapkan atau perbedaan antara kondisi
sekarang dengan target atau tujuan yang diinginkan
Model
Penyederhanaan dari
suatu system atau Tiruan dari suatu sistem dengan sedikit atau banyak
penyederhanaan
Multi-tasking
Kemampuan sistem
operasi untuk menjalankan beberapa tugas / aplikasi secara bersamaan
Kemampuan system
operasi untuk dijalankan oleh pengguna yang berbeda pada waktu bersamaan
Output
Perpindahan
elemen-elemen yang dihasilkan dari proses perubahan ke tujuan yang
diinginkan
Pemecahan masalah
Sebuah proses dimana
suatu situasi dianalisa kemudian solusi-solusi dibuat bila ditemukan ada
masalah dengan cara pendefinisian, pengurangan atau penghilangan, atau
pencegahan masalah
Pemrograman
Berorientasi Obyek (Object Oriented Programming – OOP)
Paradigma pemrograman
yang menggunakan obyek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan
program komputer
Pemrograman web
Usaha untuk membuat
halaman web dengan menggunakan bahasa pemrograman web (script)
Perangkat lunak
Seluruh instruksi yang
digunakan untuk memproses informasi
Permissions
Proses untuk menentukan
apa yang bisa dilakukan seorang pengguna pada suatu sistem
Pointer
Variabel yang menyimpan
alamat pada memori komputer
Polymorphism
Kemampuan dari suatu
obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk
Seseorang yang bekerja
membuat program komputer
Prosedur
�� Instruksi yang
dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi
�� Sekumpulan perintah
yang merupakan bagian dari program yang lebih besar yang berfungsi
mengerjakan suatu tugas tertentu
Proses
Perubahan atau
transformasi input menjadi output
Prototyping
Salah satu pendekatan
dalam pengembangan perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan
bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak
akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual
dilakukan
Pseudocode
Cara penulisan
algoritma dengan menggunakan kode-kode yang mirip dengan bahasa
pemrograman
Query
Permintaan atau
pencarian pada data-data tertentu pada suatu basis data
Record
Baris data dari suatu
tabel suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat
lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan
spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai
pemeliharaan sistem setelah digunakan
Relationship
atau relasi
Hubungan yang terjadi
antara sejumlah entitas
Sistem
Kumpulan dari
elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu
Sistem basis data
Kumpulan elemen-elemen
seperti basis data, perangkat lunak, perangkat keras, dan manusia yang
saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yaitu pengorganisasian data.
Software
Lihat Perangkat Lunak
Software Engineering
Lihat Rekayasa
Perangkat Lunak
Solusi
Bagian akhir atau
output dari proses pemecahan masalah.
Stored procedure
Potongan kode program
yang dapat menerima parameter input dan menghasilkan satu atau lebih
parameter output dan digunakan untuk operasi-operasi basis data
Structured Query
Language (SQL)
Bahasa query
terstruktur untuk mengelola basis data
Strategi pemecahan
masalah
Metode atau pendekatan
yang digunakan seseorang ketika menghadapi masalah
Struktur algoritma
Cara atau urutan untuk
membuat suatu algoritma
Tipe data
Jenis data yang dapat
diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer
Trigger
Tipe khusus dari stored
procedure yang akan dieksekusi ketika suatu kejadian
muncul
Variabel
Tempat dimana kita
dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila
dibutuhkan pada suatu program
View
Tabel virtual yang
isinya berdasarkan pada query yang dilakukan pada basis data.
Web browser
Perangkat lunak yang
berfungsi menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan yang kita kehendaki
Halaman-halaman web
yang isi dan informasinya berubah-ubah sesuai dengan permintaan pengguna
Web server
Perangkat lunak yang
bertindak melayani permintaan-permintaan client terhadap halaman-halaman
web tertentu
Halaman-halaman web
yang isi dan informasinya tidak berubah-ubah
Sumber
: sekolahdi.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar