Senin, 07 Januari 2013

Jerman sebagai Negara Pariwisata


Jerman semakin digemari sebagai negara pariwisata: Jumlah 54,8 juta penginapan wisatawan mancanegara antara Laut Utara dan Pegunungan Alpen tercatat oleh pusat pariwisata Jerman (Deutsche Zentrale für Tourismus – DZT) pada tahun 2009. Dengan demikian sektor turisme Jerman dapat mempertahankan tarafnya yang tinggi meskipun adanya krisis ekonomi, bahkan dapat memperluas pangsa pasarnya dalam perbandingan internasional. Kota-kota yang paling diminati tamu-tamu internasional ialah Berlin, München, Hamburg, Köln dan Frankfurt am Main. Khususnya para pebisnis menyukai Jerman sebagai negara tujuan. De­ngan pangsa pasar sebesar 11 persen dari semua perja­lanan bisnis antarnegara di dunia, Jerman adalah nomor satu di segmen pasaran tersebut.

Jumlah penginapan di Berlin meningkat terus sejak beberapa tahun: Pada tahun 2009 angkanya naik dengan satu juta lebih menjadi sekitar 19 juta. Mayoritas wisatawan asing yang berkunjung ke Jerman datang dari Eropa, Amerika Serikat dan Asia. Negara bagian yang umumnya dikunjungi mereka adalah Bavaria, Nordrhein-­Westfalen, Berlin dan Baden-Württemberg.

Tamu yang berlibur di Jerman tertarik oleh peninggalan sejarah dan obyek seni budaya, oleh rangkaian konser, pameran seni rupa dan pertunjukan teater bermutu tinggi, atau oleh peristiwa olahraga bertaraf internasional, oleh pesta-pesta jalanan atau pasar Natal yang bersuasana hangat. Acara tersebut hanya contoh yang menonjol, sebab orang Jerman suka mengadakan perayaan. Beberapa pesta rakyat – seperti Oktoberfest di München (yang berulang tahun ke-200 pada tahun 2010) dan karnaval jalanan di Köln dan Mainz – di dunia internasional telah menjadi padanan untuk keceriaan dan suasana terbuka.

Para tamu dari mancanegara umumnya tertarik oleh kota-kota besar. Orang Jerman yang melancong di negara sendiri lebih suka mengunjungi kota yang lebih kecil atau daerah pedesaan. Pantai Laut Utara dan Laut Baltik, daerah Schwarz­wald dan Danau Konstanz termasuk di antara tempat liburan yang paling digemari. Jerman dapat membanggakan 14 taman nasional, 101 taman cagar alam dan 15 reservat biosfer. Namun pantai, danau-danau dan pegunungan semakin menarik juga bagi pelancong aktif. Peluangnya besar sekali: Untuk kelana alam saja tersedia sembilan jalan jarak jauh Eropa sepanjang 9.700 kilometer yang melintasi Jerman. Secara keseluruhan, jaringan jalan kelana alam yang ditandai khusus mencakup 190.000 kilometer. Untuk pengendara sepeda tersedia jalan jarak jauh khusus sepanjang 50.000 kilometer

0 komentar:

Poskan Komentar